Jumat, 26 Desember 2008

KAPAN GABUNG MLM LAGI..?

Mau silaturrahmi nii..enakanya besok siang atau besok malam?.Pertanyaan yang sering saya dengar dari teman-teman yang sedang getol-getolnya menawarkan MLM-nya.Sebuah usaha yang patut di acungi jempol.Entah apa alasanya,saya masih menjadi target prospecting kawan-kawan dari berbagai MLM yang berbeda.Walaupun setiap kali penawaran itu datang saya masih selalu mengatakan tidak.

Bukan tidak percaya dengan sistem MLM mereka tapi mungkin karena merasa belum "mood" untuk menggeluti MLM lagi setelah di kecewakan oleh perusahaan MLM yang pernah saya geluti sebelumnya.Serta di buat "bingung" oleh up line-up line kutu loncat yang selalu ngerecokin dan bukan membantu down line-nya untuk sukses,tapi malah di ajak ke MLM baru lainnya.Tetapi bagaimanapun saya merasa bersyukur karena telah bersentuhan dengan dunia MLM yang telah memberikan banyak pencerahan dan pembelajaran dalam berbagai sisi kehidupan saya.

Dulu juga pernah "menikmati" bonus puluhan juta perbulan serta jalan-jalan ke Malaysia,Singapura dan Thailand.Tetapi karena perusahaan MLM yang saya jalani"bangkrut" dan merubah sistem pemasaran menjadi konvensional,hilanglah sudah semua janji manis yang sering di gembar-gemborkan dalam sistem MLM,yaitu kebebasan finansial,passive income..bla..blaa...blaaa.....pertanyaan saya waktu itu,bagaimana saya bisa bebas secara finansial,kalau perusahaan MLM yang saya geluti bangkrut ?.Bagaimana perusahaan MLM bisa memberi saya penghasilan tak terbatas,lha wong perusaan MLM itu sendiri tidak bisa "menghidupi" dirinya sendiri.Dan itu di luar kontrol saya.

Sedikit bernostalgia dengan masa lalu..
Karena kebetulan beberapa minggu terakhir banyak ajakan untuk mengambil "rute" kaya lewat jalur MLM ini lagi.Dan semalam ada seorang kawan lama dan keluarga datang mempresentasikan peluang MLM-nya kepada saya.Dan kabar baiknya.....(istilah yg paling sering di pakai oleh penggiat MLM) ini adalah MLM yang baru 3 tahun datang ke Indonesia dan produknya luar biasa dan bla..blaa...blaaaa...

Jadi mengingatkan saya akan masa-masa"kuliah" di beberapa MLM yang bagus pada saat itu untuk sekedar "mencuri" ilmunya bukan untuk serius bergabung,karena pada waktu itu saya tidak setuju dengan "poligami" dalam MLM,walaupun banyak di praktekkan oleh banyak up line saya.sesuatu yang aneh memang.Di satu sisi mereka menggembar-gemborkan tentang kebebasab finansial,pendapatan bisa sampai ratusan juta perbulan dari MLM yang "ini"...tetapi di sisi lain mereka masih menjalani beberapa MLM yang berbeda dan mengajak kami juga untuk bergabung dengan MLM yang "itu" dan begitu seterusnya setiap muncul MLM yang baru ...berarti bisa dibilang mereka tidak yakin dengan kebebasan finansial yang mereka dengungkan sendiri.Kalau yakin,yaaa...pilih salah satu perusahaan MLM untuk di jadikan kendaraan menuju bebas secara finansial apapun aral yang menghadang...

Ada sesuatu yang menarik bagi saya dalam ajaran Robert Kiyosaki tentang 4 Quadran manusia,yang selalu di jadikan dalil oleh kawan-kawan di MLM,tetapi sayangnya tidak ada revisi dari satu dasawarsa sebelumnya sampai sekarang.Masih seperti itu-itu saja padahal sekarang banyak orang bisa masuk kategori Quadran ke-3 ini selain yang di sebutkan dalam rumusnya om Robert tsb.Dari bisnis internet misalnya...entah itu dari Adsense dan sejenisnya seperti mas Cosa atau jadi "makelar" penyewaan villa dan hotel seperti pak Kadek atau jualan e-book dan pembelajaran seperti Anne Ahira atau Joko Susilo dan masih banyak jenis lainnya yang bisa berpenghasilan sangat besar melalui internet entah itu berbasis produk maupun jasa.Jadi kawan-kawan di MLM harusnya juga mengetahui bahwa ada juga jalur menjadi kaya dari dunia maya..dan itulah yang sedang saya geluti saat ini karena lebih cocok dengan kepribadian yang saya miliki.Dan menurut saya itu termasuk Quadran ke-3 dalam ajaran kang Robert Kiyosaki...

Intinya tetap semangat di jalur masing-masing dan juga saling menyemangati agar sukses di jalur yang di pilih.Itu yang lebih berpahala menurut saya.Karena kita berharap dan mendorong teman kita untuk sukses walaupun kita tidak dapat seperpun uang dari dia.Bukan hanya semangat untuk menjadikan orang lain sebagai down line saja.....coba kalau aku di prospek lalu di tawarin jadi upline-nya dan dia bonusnya sudah ratusan juta...pasti saya mau deh..ha-haa--haaaa----
Udah aah,kok jadi ngawur dan nglantur....
Ingat pesan pak Bondan yaa:"Tetap........
Semoga sukses slalu....n C You @ the Top
Coretan seorang Mukhlis,Owner GriyaRaihan.com

Nb:Maaf bila ada yang tersinggung atau tersungging dengan tulisan ini.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

ada lagi gak MLM yang bagus tapi tahan lama. oiya....Teman boleh minta bantuannya? Saya lagi ikut lomba Speedy Blogging Competition 2008, dimana criteria penilaiannya blog adalah harus banyak pengunjung, posting dan komentar. Boleh saya minta komentar dari teman untuk artikel di blog saya? Please….. Kalau Boleh Kunjungi blog saya, hari ini saya posting 3 artikel tolong komentarnya, komentarnya harus berkaitan dengan artikel yang di pilih teman. Ini alamatnya : http://regedit.blog.telkomspeedy.com/ terima kasih banyak.